Cara Mendapat Backlink Berkualitas Gratis dari ABOUT.ME

Cara Mendapat Backlink Berkualitas Gratis dari ABOUT.ME

Cara Mendapat Backlink Berkualitas Gratis dari ABOUT.ME - Untuk kamu yang sedang mencoba mengembangkan web/ blog pribadi, atau ingin meningkatkan visibilitas dari web perusahaan atau bisnis kamu, tentu kamu perlu banyak backlink yang mengarah ke web kamu.

Dan menurut para pakar yang memahami algoritma Google, backlink yang menuju ke web kita sekarang harus mulai diseleksi dan backlink yang tidak berkualitas harus segera dihapus.

Yang jadi permasalahannya sekarang, bagaimana caranya mencari backlink yang berkualitas? Sederhananya, backlink yang berkualitas adalah backlink yang bersumber dari situs yang kredibel dan atau setema.

Kenapa saya bilang dan atau? Bukan dan saja atau 'atau' saja?

Karena beberapa situs besar ternama yang memberi kita backlink bisa saja setema dengan web kita tapi bisa juga tidak. Contohnya Facebook. Facebook adalah platform social media tersebar di dunia untuk saat ini. Tapi apakah kita tidak boleh mendapatkan backlink dari Facebook karena web kita bertemakan makanan?

Tentu boleh. Dan Facebook adalah salah satu sumber backlink paling berkualitas yang bisa kita dapat dengan cuma-cuma.

Selain Facebook, tentu banyak web-web kredibel yang bisa kita jadikan sumber backlink buat web kita; salah satunya adalah situs About.Me yang akan saya jelaskan pada kesempatan kali ini.

APA ITU ABOUT.ME?

ABOUT.ME adalah sebuah platform pembuatan laman profil yang memungkinkan kamu untuk menampilkan profil diri kamu serta hal-hal lain seputar diri kamu di laman tersebut. Kebanyakan orang memanfaatkan platform ini sebagai laman portofolio dan CV digital yang bisa di akses dimanapun dan kapanpun.

Kamu bisa memanfaatkan fitur gratisan yang diberikan oleh ABOUT.ME untuk mendapatkan backlink gratis ke halaman web utamamu saja atau kamu bisa memanfaatkannya untuk menciptakan personal brandingmu sendiri. Itu terserah kamu.

Detail Backlink

Domain Authority Situs About.Me
Gambar diambil dari NINURA

  • Domain Authority: 92
  • Page Authority: 42
  • Status Backlink: Nofollow Link
    • Bahan yang diperlukan

      1. Koneksi Internet
      2. Akun Google
      3. Akun About.Me

      Alat yang diperlukan

      1. Laptop/ Komputer/ Handphone

      Estimasi Waktu: 5 menit.

      Panduan Pengerjaan

      Langkah 1 - Tekan Tombol Get A Free Page

      Pertama, silahkan kamu masuk ke situs About.Me. Setelah itu, silahkan kamu tekan tombol Get A Free Page yang ada di bagian kiri bawah atau kanan atas.

      Langkah 2 - Masukkan Email

      Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan email, silahkan masukan email aktif yang kamu miliki dan belum didaftarkan ke About.Me.

      Langkah 3 - Verifikasi Capcha

      Web akan meminta kamu untuk melakukan verifikasi capcha pertama untuk memeriksa apakah kamu bot (otomatis) atau bukan. Tinggal ditekan saja tombol capcha-nya lalu selesaikan tugasnya. Setelah terverifikasi, klik Lanjut atau Next.

      Langkah 4 - Isikan Nama

      Langkah berikutnya, silahkan kamu isikan nama kamu. Kamu bisa menggunakan nama brand kamu, ataupun nama pribadi kamu. Namun, karena About.Me adalah situs pembuatan profil perseorangan, maka saya sarankan kamu pakai nama pribadi saja. Setelah itu, silahkan tekan tombol Next.

      Langkah 5 - Isikan Tempat/ Lokasi

      Setelah nama, kamu akan diminta untuk menuliskan lokasi kamu. Silahkan tuliskan nama kota besar tempat kamu tinggal. Tidak perlu terlalu rinci sampai nama desa, RT/RW, ataupun nomor rumah. Jika sudah langsung tekan next.

      Langkah 6 - Pilih Topik Kesukaan

      Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memilih beberapa topik yang sekiranya kamu sukai atau relevan dengan diri kamu. Kamu bisa pilih topik-topik yang kamu pahami atau mau ngasal, boleh saja. Tapi saya sarankan buat secara natural saja, siapa tau nanti halaman ini berguna. Kamu bisa pilih minimal 1 dan maksimal 5 buah.

      Langkah 7 - Pilih Hobi/ Pekerjaan

      Selain topik bahasan, kamu juga akan diminta untuk memasukkan informasi mengenai hobi dan / atau pekerjaaan kamu. Kamu mempunyai 3 slot untuk diisi, namun biar tampilan kamu nggak norak, kamu bisa pilih satu saja yang paling cocok dengan diri kamu untuk saat ini.

      Langkah 8 - Pilih Jenis Tombol

      Setelah itu, silahkan kamu pilih tipe tombol seperti apa yang ingin kamu gunakan di halaman profil kamu. Setiap tombol mempunyai fungsinya masing-masing, maka saya sarankan untuk menggunakan tombol Visit My Blog atau Read my Articles.

      Langkah 9 - Masukkan URL Web / Blog

      Langkah selanjutnya, silahkan kamu masukkan url dari website kamu di kolom yang tersedia. Tuliskan alamat lengkap domain website kamu. Contoh: https:www.ninura.com; bukannya NINURA aja. Karena kalau seperti itu, nanti tidak menggunakan SSL.

      Langkah 10 - Tambahkan Foto

      Langkah selanjutnya, silahkan kamu lampirkan foto untuk profil About.me kamu. Kamu bisa tampilkan foto dirimu sendiri ataupun menggunakan gambar apapun. Saya sendiri memilih menampilkan logo Nisnura ketimbang menggunakan foto wajah sendiri.

      Langkah 11 - Pilih Desain

      Untuk step selanjutnya, kamu akan diminta untuk memilih tema dari profil About.me yang kamu punya. Kamu akan diberi 3 opsi untuk Free Page. Kamu bisa kustomisasi lain waktu jika ingin. Silahkan pilih yang paling enak dan cocok sama kamu.

      Langkah 12 - Pilih Tema

      Nah, setelah menentukan desain, kamu akan diminta juga untuk menentukan tema dari profil About.Me kamu nantinya. Tema ini berhubungan dengan warna. Penting nggak penting, sih. Kalau menurut saya poin sepele ini cukup menarik karena kamu bisa menggunakan warna dari brand yang kamu punya, jadi double deluxe, kan?

      Langkah 13 - Hubungkan domain

      Nah, ini adalah bagian yang cukup penting dimana kamu harus menghubungkan domain kamu ke profil About.Me kamu. Kalau sekiranya kamu belum punya akun, kamu bisa tekan tombol I Want to Connect an Existing Domain terlebih dahulu.

      Langkah 14 - Tekan Continue With Free Page

      Setelah kamu memilih menggunakan domain yang sudah ada, silahkan kamu konfigurasi domain kamu supaya terhubung dengan akun about.me yang kamu punya. Namun, jika kamu tidak punya domain sendiri untuk akun about.me kamu. Kamu bisa tekan tombol/ link Continue with Free Page yang ada di bagian bawah.

      Langkah 15 - Tentukan username

      Sampai di bagian ini, biasanya orang-orang pada banyak yang mentok. Karena ketersediaan username yang mereka mau ternyata sudah dipakai orang, atau tidak tersedia. Silahkan kmau cari username kamu untuk halaman about.me kamu. Jika sudah ketemu dan tersedia, langsung saja tekan tombol Next.

      Langkah 16 - Buat Password

      Langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuat password. Usahakan jangan password yang sama yang sering kamu gunakan. Yang gampang diinget aja. Toh kamu nggak akan sering-sering buka about.me. Tergantung juga, sih. Kalau kamu mau menekuni diri sebagai profesional digital marketer, nggak ada salahnya untuk kamu kelola halaman about.me kamu sebagai salah satu portofolio kamu.

      Langkah 17 - Tekan Tombol Show My Page

      Sampai sini, format halaman kamu sudah selesai dibuat. Semua informasi yang dibutuhkan sudah dimuat. Yang perlu kamu lakukan sekarang adalah menekan tombol Show My Page.

      Langkah 18 - Verifikasi Capcha Kedua

      Untuk kembali memastikan bahwa kamu bukanlah bot yang otomatis isi ini dan itu, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi capcha untuk kedua kalinya. Kalau kamu bukan robot, tinggal klik verifikasi, kerjakan tugasnya, lalu tekan tombol Next.

      Langkah 19 - Tekan Do This Later

      Sudah. Sampai disini halaman kamu sudah jadi. Adapun halaman yang muncul selanjutnya adalah halaman penawaran untuk kamu, siapa tahu kamu mau melampirkan laman about.me kamu sebagai signature (tanda tangan) dalam email. Kalau kamu nggak mau tambah ribet lagi, kamu bisa tekan tombol Do This Later. Maka kamu akan langsung di bawah ke halaman About.Me milikmu sendiri.

      Penutup

      HASILNYA

      Setelah kalian membuat halaman About.Me kalian sendiri, maka kalian bisa memeriksa hasilnya. Kalian bisa Inspect tombol Spotlight dari halaman kalian lalu perhatikan bagaimana link dari halaman tersebut.

      Dari yang saya dapat, hasilnya adalah 1 buah nofollow link dengan anchor text Read My Blog.

      Hasil Halaman About.Me
      Gambar diambil dari NINURA

      YAH PERCUMA DONG KALAU BACKLINK-NYA NOFOLLOW!

      Eits, tunggu dulu.

      Seperti yang saya bilang di awal. Backlink itu nggak harus selalu dofollow yang bagus. Backlink nofollow juga penting untuk menyeimbangkan kuantitas. Normalnya, backlink nofollow itu harus lebih besar atau nggak 50-50, deh sama Dofollow-nya.

      Kalau backlink yang kamu dapat 100% dofollow, pasti bakalan curiga dong. Jangan mesin pencari, kalau saya yang lihat, saya juga bakalan curiga.

      Meskipun backlink dari laman About.Me ini nofollow, karena dia punya authority cukup besar, yaitu 80++, maka tidak ada salahnya kita meninggalkan jejak disitu. Harapannya, setelah beberapa bulan, halaman kita tersebut diindeks oleh mesin pencari dan menjadi salah satu linking sites/ referring sites ke blog/ web kita.

      PENUTUP

      Oke mungkin segitu aja yang mau saya jelasin tentang Cara Mendapat Backlink Berkualitas Gratis dari ABOUT.ME. Untuk tutorial lain mengenai cara dapat backlink high quality gratis, bisa di baca di artikel saya yang berjudul Daftar Backlink Berkualitas Gratis Terbaru untuk SEO.

      Jika ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan, silahkan gunakan kolom komentar. Semoga bermanfaat, selamat mencoba, dan selamat mencari backlink.

      Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.

Share this:

Disqus Comments