7 Cara Efektif Meningkatkan Pengunjung Blog

7 Cara Efektif Meningkatkan Pengunjung Blog

7 Cara Efektif Meningkatkan Pengunjung Blog – Meningkatkan Traffic adalah salah satu permasalahan yang banyak dibahas oleh para Blogger, termasuk saya sendiri. Tapi pertanyaannya, apa sih cara yang benar-benar efektif untuk meningkatkan traffic blog kita? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengupas mengenai hal ini berdasarkan dari beberapa referensi yang telah saya kumpulkan dan saya pelajari tentunya.

Sebelum kita menuju ke topik pembahasan utama kita, saya ingin menanyakan beberapa hal kepada sobat.

Daftar Isi

Apa sobat bisa menjawab semua pertanyaan saya diatas? Saya yakin sobat sudah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana tersebut. Namun, mungkin disini saya akan memberikan jawaban versi saya sendiri tentang hal-hal diatas.

1. Apa itu Traffic?

Traffic adalah suatu hitungan untuk jumlah kunjungan yang datang ke blog kita dalam satu satuan waktu (biasanya dalam hari). Traffic itu adalah hitungan dalam bentuk grafik yang datanya berasal dari kunjungan-kunjungan visitor baik dari social media, search engine, ataupun langsung menuju link sobat. Contoh sederhananya, satu kunjungan yang sobat lakukan ketika sobat mengunjungi blog ini dan membaca artikel saya ini adalah satu hitungan traffic untuk blog saya. Dalam traffic ada istilah UV (Unique Visitor) dan juga PV (Pageviews).

UV (Unique Visitor) adalah cara mesin pencari menghitung suatu kunjungan berdasarkan IP Source. Jadi, mau berapa halaman pun yang sobat buka di blog ini, tetap saja itu hanya akan memberi 1 nilai terhadap UV. Sedangkan PV (Pageviews) adalah jumlah keseluruhan halaman yang sobat buka dalam suatu blog. Misalkan, di blog ini sobat membaca 5 artikel, maka itu berarti sobat telah memberi 5 hitungan Pageviews untuk blog ini. Begitulah penjelasan singkat tentang UV dan PV. Dan menurut saya, yang namanya traffic juga tidak semuanya bagus. Dan saya mengklasifikasikan traffic ini menjadi dua yaitu Low Quality Traffic dan High Quality Traffic.

2. Apa itu High Quality Traffic?

High Quality Traffic adalah traffic yang datang karena kebutuhan akan informasi, bermaksud untuk mencari informasi atau hal-hal yang menyebabkan orang ini menelusuri internet. Sehingga ketika traffic ini sampai di blog kita, traffic ini bersedia berlama-lama (2 menit sudah terbilang lama) di blog kita karena informasi yang dia cari. Traffic seperti itulah yang saya sebut dengan High Quality Traffic.

Sebaliknya, ada juga yang saya sebut dengan Low Quality Traffic. Traffic ini biasanya adalah traffic yang datang karena kebutuhan saja seperti Blogwalking misalnya. Banyak Blogger yang salah memahami Blogwalking dengan sekedar mengunjungi lalu menaruh komentar di salah satu artikel di blog yang dikunjungi tersebut lalu menutupnya. Traffic seperti ini memang tidak salah, namun aktivitasnya membuat Bounce Rate blog kita meningkat dan tentu kualitas blog juga menurun karena semakin tinggi nilai Bounce Rate, maka semakin buruk kualitas blog kita.

3. Apa itu Bounce Rate?

Bounce Rate adalah rating (penilian) yang menggunakan data dari waktu yang di konsumsi/ diluangkan tiap traffic yang masuk ke dalam suatu blog. Menurut beberapa sumber yang saya baca, waktu minimum yang baik dan tidak akan mempengaruhi Bounce Rate adalah 1 Menit keatas. Misalkan ketika sobat mengunjungi blog ini selama 30 detik lalu meng-close tab blog saya tersebut, maka sobat telah menaikkan Bounce Rate blog saya. Dengan kata lain, sobat telah membantu memperburuk reputasi blog saya.

4. Apa manfaat dari Traffic?

Ini adalah pertanyaan yang paling mudah dijawab menurut saya. Traffic adalah sumber kehidupan suatu blog. Baik untuk mereka yang memang sekedar sharing tentang kehidupan mereka di blog ataupun untuk mereka yang memanfaat blog sebagai ladang bisnis, mereka semua membutuhkan traffic. Untuk yang menjadikan blog sekedar hobi pun pasti membutuhkan traffic, karena ketika ada traffic (orang) yang berkunjung, membaca kisah-kisah yang kita tulis apalagi sampai memberikan komentar mereka, itu akan menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi sang penulis. Betul kan?

Apalagi untuk mereka yang menggunakan blog ini sebagai sumber penghasilan, tentu traffic ini adalah misi yang harus dicapai oleh para pemilik blog. Karena traffic adalah sumber penghasilan mereka. Jadi pada intinya, traffic itu sangat bermanfaat untuk sebuah blog atau bahkan untuk sang pemilik blog.

Tips Meningkatkan Pengunjung Blog

Setelah membaca sedikit penjelasan dari saya, apa sobat tertarik ntuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana 7 Cara Efektif Meningkatkan Pengunjung Blog? Saya harap demikian karena sekarang kita akan masuk ke materi intinya.

Untuk memaksimalkan jumlah visitor blog sobat, ada beberapa hal yang bisa sobat coba praktekkan.

1. Manfaatkan Sosial Media

Sosial media adalah sarana komunikasi sekaligus promosi yang bisa jadi sangat berpengaruh dan memberikan jumlah visitor yang tidak sedikit untuk blog kita. Ada beberapa situs sosial media yang harus sobat coba manfaatkan, yaitu :

Kalau bisa, maksimalkanlah kelima situs sosial media tersebut karena kelima situs tersebut sedang meroket sekarang ini, terutama Facebook yang menjadi situs terbesar kedua di dunia setelah Google. Tentu masih banyak situs sosial media lain yang bisa sobat manfaatkan dan pastinya itu akan lebih baik bila memang bisa sobat lakukan.

Dengan menggunakan media sosial, sobat bisa bergabung di berbagai macam komunitas atau grup, melakukan tukar link (mencari backlink), promosi blog bahkan mencari rekan kerja. Namun perlu diingat, ada etika tidak tertulis yang perlu sobat fahami dan tentunya patuhi. Biasakan, ketika sobat memasuki suatu grup atau komunitas, jangan tergesa-gesa untuk langsung menggembar-gemborkan link kalian di grup tersebut tanpa mengenal siapa-siapa saja member yang ada disana dan bagaimana sistematika dan aturan yang ada. Kenali dulu siapa saja yang ada disana dan bagaimana aturan promosi yang berlaku di grup/ komunitas tersebut.

Dan setelah itu juga jangan langsung main promosi saja, bangunlah terlebih dahulu nama kalian dalam grup/ komunitas tersebut. Membangun nama kalian agar orang lain nyaman dan percaya pada sobat bisa sobat lakukan dengan aktif di grup/ komunitas tersebut. Ikut berpartisipasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bisa sobat jawab.

Selain itu juga, sobat harus memahami aturan berpromosi yang baik. Jangan terlalu sering dan terlalu banyak mempromosikan link blog sobat di grup/ komunitas yang ada di sosial media karena tak mustahil hal tersebut malah membuat link blog sobat dianggap SPAM oleh sang situs. Terutama Facebook dan Google+. Berdasarkan apa yang saya baca, kedua situs tersebut sangat ketat terhadap SPAM dan Google+ punya wewenang untuk mendelete blog sobat (Blogger) yang menjadi SPAM. Jadi hati-hati ya, sob. Jangan sembarangan!

2. Manfaatkan Forum Sharing

Sama halnya dengan sosial media, forum juga dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan traffic blog sobat. Terutama forum-forum besar seperti yang ada di Indonesia :

Dua forum besar diatas bisa memberikan traffic yang tidak kecil bila sobat dapat memanfaatkannya secara maksimal. Dan seperti halnya sosial media, dalam forum ada etika tidak tertulis yang harus sobat ikuti. Tapi, bukan aturan yang menyusahkan dan sulit untuk dilakukan. Sobat hanya perlu tenang, santai, perlahan-lahan dulu mengenal kehidupan yang ada di forum tersebut, orang-orangnya. Jadi orang yang bermanfaat di blog itu sehingga orang tidak sungkan untuk ikut mengenal sobat.

Dan ketika sobat berada di dalam forum tersebut, sobat berada di kamar yang benar (forum yang membahas topik yang relevan dengan blog sobat). Misalkan sobat mempunyai blog yang membahas tentang Hewan Peliharaan, lalu kemudian sobat mempromosikan blog sobat tersebut di forum yang fokus membahas tentang Hukum ataupun lainnya. Aturan ini juga berlaku untuk poin PERTAMA.

INGAT! Pastikan anda selalu memperhatikan relevansi (keterkaitan) antara blog sobat dengan lingkungan tempat sobat berada.

3. Maksimalkan Optimasi SEO On-page Blog

SEO On-page adalah optimasi terhadap hal-hal internal yang ada di blog sobat. Beberapa hal yang bisa sobat manfaatkan untuk mengoptimasi SEO On-page Blog sobat adalah :

  • Responsibilitas
  • Kecepatan Blog
  • Penggunaan Gambar
  • Title Tag
  • Meta Description
  • Meta Keywords

Responsibilitas

Yang dimaksud disini adalah memodifikasi desain/ tampilan blog sobat agar bisa RESPONSIVE dengan segala jenis gadget yang digunakan untuk mengunjunginya. Selain menambah nilai terhadap nilai SEO blog sobat, dengan memperhatikan poin yang satu ini juga akan mempermudah sobat dalam mengatur tampilan blog sobat (sobat jadi tidak perlu membuat dua desian yang berbeda untuk tampilan desktop dan tampilan mobile).

Kecepatan Blog

Mungkin poin ini menjadi faktor penentu dan nomor satu dalam pemeringkatan SEO On-page diatas. Kenapa? Sederhananya,  ketika sobat mengunjungi suatu blog/ situs dan menemukan bahwa situs itu "LEMOT" apa yang akan sobat lakukan? Ada tiga kemungkinan yang mungkin akan sobat lakukan.

  1. Mengklik tombol Refresh.
  2. Mengklik tombol Back.
  3. Meng-close tab.

Ketiga-tiganya bukanlah pilihan yang bagus untuk nilai SEO blog sobat. Jadi tetap, sebanyak apapun backlink yang blog sobat punya, sebanyak apapun posting blog sobat yang bertengger di Pageone, kalau loading blog sobat tergolong lambat, maka benefit dari backlink dan Pageone yang sobat punya akan gugur. Untuk mengetahui kecepatan blog sobat, sobat bisa menggunakan GTMetrix atau Google PageSpeed Insights. Apabila blog sobat sudah berlabel Hijau, berarti blog sobat sudah tergolong cepat. Jika masih berwarna kuning apalagi merah, maka jelas blog sobat perlu dibenahi.

Penggunaan Gambar

Yang satu ini mungkin sudah bisa ditebak alasannya. Gambar adalah pelengkap untuk sebuah artikel, dan ketika mempromosikan blog kita di berbagai macam media, seperti sosial media ataupun lainnya, gambar tersebut bisa membuat artikel yang kita promosikan menjadi jauh lebih menarik. Sebagai contoh, ketika sobat menemukan sebuah posting promosi di situs sosial media, mana yang lebih menarik, yang hanya berisi link saja atau yang memiliki warna-warni karena gambar? Tentu, yang memiliki gambar akan terlihat lebih menarik dimata kita, kan?

Title Tag

Title Tag menjadi poin yang bisa sobat kembangkan untuk menembak keyword yang sobat targetkan. Dan untuk itu sobat tentu harus memahami potensi keyword yang sobat incar tersebut. Untuk mengetahui seberapa besar potensi yang dimiliki keyword yang sobat inginkan tersebut, sobat dapat menganalisanya menggunakan Google Keywords Planner.

Ada beberapa hal yang masih menjadi misteri buat saya, beberapa sumber mengatakan bahwa dengan menggunakan angka pada Title Tag akan dapat mendongkrak posisi artikel dalam SERP, terutama untuk Google. Contohnya, artikel dengan Title Tag "Cara Alami Melangsingkan Perut" akan kalah dengan artikel yang menggunakan Title Tag "12 Cara Alami untuk Melangsingkan Perut". Secara tata bahasa dan maksud, kedua title tersebut sama. Tapi entah kenapa artikel yang kedua menduduki posisi lebih tinggi ketimbang artikel yang pertama. Saya belum terlalu memahami tentang hal ini, mungkin lain kesempatan akan saya bahas tentang hal ini.

Dan mungkin ada beberapa diantara sobat yang ingin mencoba memanfaatkan mitos itu? Siapa tahu memang bekerja. :D

Meta Description

Meta Description juga tidak kalah penting. Disini kita bisa tembak keyword kita dengan menembak keyword yang kita targetkan melalui penjelasan singkat yang bisa kita paparkan di Meta Description. Meski hanya 150 kata saja yang nantinya akan tampil di SERP, tapi itu bisa sangat bermanfaat sob. Namun anehnya, banyak sekali sobat blogger yang melewatkan opsi "Deskripsi Penelusuran" yang ada dan hanya membiarkan deskripsi di hasil penelusuran terindeks apa adanya. Nah, karena sekarang sobat sudah mengetahui tentang hal ini, tidak salah kalau sobat mulai mempraktekkannya di blog sobat.

Meta Keywords

Seperti halnya Meta Description, Meta Keywords bisa menjadi sangat bermanfaat. Terutama untuk sobat yang sudah faham betul bagaimana cara mengelola Keyword untuk mendapatkan "Long-tail Keywords". Jadi, jangan sampai sobat mengabaikan Meta Keywords ini ya, sob?

4. Buat Konten Tentang Kumpulan Artikel

Cara yang satu ini mungkin belum banyak yang tahu. Tapi, menurut beberapa pakar yang telah mempraktekkan hal ini membuktikan bahwa konten yang berisi kumpulan artikel-artikel terpilih memiliki daya jual lebih. Contohnya adalah artikel dengan Title "10 Template Blogger Terbaik 2015". Posting dengan title seperti itu akan mempunyai daya jual lebih karena konten yang jelas akan lebih lengkap ketimbang posting yang menggunakan Title "Template Blogger Terbaik 2015".

Seperti yang saya katakan diatas, bahwa alasan kenapa konten seperti ini memiliki daya jual lebih tinggi adalah karena kelengkapan yang melebihi artikel lainnya. Semakin lengkap informasi yang disajikan, semakin tinggi pulalah tingkat kepuasan visitor sobat dan semakin tinggi tingkat kepuasan mereka, maka semakin besar kemungkinan artikel sobat tersebut disebarluaskan oleh si pembaca.

5. Menjadi Guest Blogger

Cara yang satu ini mungkin menjadi cara terberat untuk dilakukan buat sobat karena saya yakin banyak diantara sobat yang masih berfikiran "Kalau bisa nulis di blog sendiri, kenapa harus nulis di blog orang?" iya kan? Sangat lumrah apabila kita beranggapan seperti itu. Tapi disini saya mau memberi tahu beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menjadi seorang Guest Blogger, diantaranya :

  1. Mendapat relasi baru dengan Owner Blog yang kita isi.
  2. Mendapat backlink berkualitas dari blog yang kita isi.
  3. Guest Blogger tidak wajib mengisi blog tamu setiap hari.

Yang paling harus sobat fahami adalah bahwa seorang Guest Blogger tidak dituntut untuk mengisi artikel di blog yang kita singgahi secara rutin (satu setiap hari). Jadi sobat tidak perlu merasa terbebani. Mungkin ketika sobat mempunyai ide tulisan yang tidak relevan dengan topik blog sobat tapi relevan dengan topik blog partner sobat, sobat bisa sumbangkan ide tulisan sobat tersebut dan tentunya dengan menyisipkan link-link kecil yang menuju ke blog sobat. Tidak rugi, kan?

6. Berani untuk "Think Out of the Box"

Poin yang satu ini menyangkut seberapa besar kreatifitas sobat dalam melihat kesempatan yang ada di depan sobat. Misalkan hari ini sedang trend membahas tentang berita Kematian Alm. Olga Syahputra. Kalau sobat hanya ikut-ikutan saja menulis tentang Kematian Alm. Olga Syahputra tersebut, maka dijamin postingan sobat tersebut akan sulit untuk menduduki peringkat pertama di SERP.

Dalam istilah blogging terdapat istilah Newsjacking, apa itu Newsjacking? Newsjacking adalah suatu aktifitas menulis berita yang ditambahkan dengan opini pribadi, sehingga terkesan berbeda, unik dan tentu lebih menarik untuk di baca.

Selain itu juga, di poin ini kita dituntut untuk membuka pandangan kita lebih luas terhadap objek yang ingin kita bahas. Bila blogger-blogger banyak mengikuti trend yang sedang Hot yaitu "Kematian Alm. Olga Syahputra", maka dengan prinsip "Think Out of the Box" dan dibekali dengan ilmu "Newsjacking" sobat memanipulasi konten berita tersebut menjadi "Bukan Hanya Keluarga, Indonesia Menangis Untuk Kepergian Olga Syahputra". Lebih membuat penasaran, kan? Tentu harus dibarengi dengan konten yang berani beda dengan konten-konten kebanyakan. Dengan berani menjadi unik, bisa menjadi ciri khas sobat. Tentu dengan begitu lebih banyak pengunjung blog sobat karena kreatifitas sobat dalam memainkan title dan konten sobat.

7. Promosikan Blog Menggunakan Jasa Iklan

Nah, cara ini adalah cara yang paling efektif sekaligus paling jarang dilakukan oleh Blogger yang baru merintis karir. Alasannya sederhana, karena cara ini tidaklah murah, apalagi GRATIS. Yaps, yaitu dengan cara mempromosikan blog sobat melalui Jasa Penyedia Iklan.

Tempat yang paling berpotensi mendatangkan traffic dan paling dipercaya sekarang ini adalah :

  1. Google Adwords
  2. Facebook
  3. Youtube

Google Adwords

Google Adwords adalah situs beriklan PPC yang berada dibawah penanganan pihak Google. Kalau masalah harga bisa dibilang "bersaing" tapi buat sobat yang ingin menggunakan tips ke 7 ini, tak perlu khawatir. Karena pihak Google pastinya selektif dan memberikan traffic (visitor) yang berkualitas untuk blog sobat. Kalau tidak, mana mungkin Google Adwords dipercaya untuk mengiklankan berbagai macam iklan situs-situs besar? Bener nggak, sob? :D

Facebook

Facebook seperti kita ketahui adalah situs sosial media terbesar di dunia dan menduduki peringkat ke 2 sebagai situs terbaik di dunia setelah Google menurut penilaian Alexa. Itu membuat potensi beriklan di Facebook sangat High Value. Dan yang menyenangkannya lagi adalah ketika kita beriklan di Facebook, kita bisa mengatur budget yang akan kita keluarkan untuk iklan tersebut sehingga kita bisa tetap mengontrol keuangan kita. Dan memasang iklan di Facebook menurut saya pribadi masih terbilang ekonomis meski saya belum pernah mencoba untuk beriklan disana. :)

Youtube

Youtube juga adalah salah sosial media terbesar di dunia. Sosial media berbasis video ini juga bisa menjadi tempat promosi yang sangat bagus untuk sobat pribadi. Namun ada satu kendala yang mungkin akan sobat hadapi, yaitu sobat harus menyediakan video yang akan mewakili iklan sobat tersebut.

Terlepas dari itu semua, masih banyak situs-situs Penyedia Jasa Iklan lainnya yang bisa sobat coba. Tentunya cara yang satu ini adalah cara yang paling mudah dan paling tidak melelahkan, karena kita hanya perlu membayar dan kemudian menunggu orang lain yang mengerjakan tugas promosi. Namun kata "membayar" disini menjadi masalah bagi para Blogger, termasuk saya sendiri. Jadi, terserah kepada sobat ingin mencoba cara yang satu ini atau tidak.

Itulah 7 Cara Efektif Meningkatkan Pengunjung Blog yang bisa saya sampaikan. Mungkin dari tulisan saya diatas terdapat banyak sekali kekurangan, jadi mohon dimaafkan. Semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat untuk sobat semua. Dan buat yang mempraktekkan tips-tips saya ini, saya tunggu testimoni keberhasilannya ya?

Share this:

Disqus Comments